Rabu, 16 Januari 2008

Kandungan Nutrisi Jamur Merang

Jamur merang dapat dikonsumsi setuap hari dengan aman, sehat karena kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah serta kandungan mineral, vitamin dan enzim yang dapat menyehatkan tubuh kita. Jamur tidak menyebabkan kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes (sakit gula), kekurangan butir-butir darah merah dan sebagainya Bahkan bagi orang cina jamur dianggap sebagai “elixir of life”, membuat awet muda. Jamur merang dpat diolah untuk bermacam-macam jenis makanan, karena itu sangat cocok untuk dikembangkan sebagai komoditas makanan sehat.


Kandungan Nutrisi Jamur Merang adalah :

Asam amino esensial
Hasil dari hidrolysis protein jamur diperoleh dari 20 macam asam-asam amino. Diantaranya terdapat 9 macam asam amino essential yaitu lysine, methionin, trythopan, threonin, valin, leucin, isoleucin, histidin dan phenylalanin. Kesembilan asam amino ini diperlukan untuk synthesa protein maupun enzym-enzym yang dibutuhkan oleh manusia.

Lemak
Kandungan lemak pada jamur merang sangat rendah yaitu 7,3 %. Kandungan terbanyak berupa provitamin D2 dan r-ergosterol. Sebagian besar dari lemak yang dikandung berupa asam lemak tak jenuh (asam linoleat), karena itu dapat menguntungkan bagi kesehatan kita.

Vitamin
Jamur merang mengandung vitamin-vitamin terutama : Thiamin (Vit B1), Riboflavin (Vit B2), Niacin, Biotin & Asam Ascorbat (Vit C). dan selain itu provitamin D2 yang dengan bantuan sinar ultraviolet dapat diubah menjadi Vit D. selain itupun ada Asam Folat dalamjamur merang. Asam Folat biasanya terdapat pada sayur-sayuran berhijau daun. Asam Folat perlu untuk tubuh kita & digunakan dalam pembelahan sel-sel butir darah merah.


Mineral
Jamur juga mengandung minera-mineral yang dibutuhkan tubuh kita antara lain unsur-unsur : K, P, Na & Mg yang cukup. Sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh kita untuk tumbuh maupun bermetabolisme.

Tabel Indeks kandungan Nutrisi Berbagai Makanan.


Sumber: S.T. Chang & Miles Edible Mushroom & Their Cultivation

Dengan demikian maka jamur kaya akan protein, karbohidrat dan kandungan lemaknya sangat rendah, mengandung asam-asam amino esential, vitamin dan mineral yang menguntungkan bagi tubuh kita. Terutama jamur merang yang telah terbukti berabad-abad sebagai bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Tanggal Hijriah

Google Translate

Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us ridwan